16 Juni 2012

Tokoh Thor


Satu lagi superhero Marvel yang juga bakal unjuk gigi di tahun 2011: Thor. Sama halnya dengan koleganya, Captain America, tanda-tanda kemunculan Thor sudah dirintis di proyek film Marvel sebelumnya, yaitu Iron Man 2. Kala itu adegan penghujung sekuel Iron Man tersebut menampilkan sekilas adegan Mjolnir (palu godam senjata khas Thor) tertancap di dekat sebuah lubang besar yang misterius.

Usut punya usut, proyek film Thor sebenarnya sudah digagas bahkan sebelum kemunculan installment pertama Iron Man. Kala itu, Sam Raimi menemukan ide untuk Thor setelah pembuatan Darkman, yaitu pada tahun 1990. Hanya saja pihak 20th Century Fox yang dihubungi Raimi tidak bisa menangkap konsep yang dikemukakan Raimi.

Proyek Thor lalu sempat terlupakan hingga tahun 1997 setelah momentum kesuksesan X-Men. Sayang, untuk kedua kalinya, proyek Thor kembali terbengkalai. Barulah di tahun 2007, pihak Marvel mendekati sutradara Matthew Vaughn untuk menukangi proyek ini  saat penulis naskah yang juga dikenal sebagai fans Thor, Mark Protosevich, menyelesaikan skripnya. Sayang, skrip tersebut berisi banyak adegan yang membutuhkan bujet spesial efek tinggi sehingga Protosevich harus merevisinya guna menekan biaya bujet produksi pembuatan filmnya kelak. Hasilnya? Perkiraan bujet yang sedianya membengkak hingga angka $300 juta bisa ditekan menjadi setengahnya.
Entah berdampak langsung atau tidak, Vaughn urung menyutradarainya dan kemudian banting setir menangani proyek Kick-Ass yang menuai sukses. Posisi Vaughn digantikan oleh Kenneth Branagh, sineas yang juga sangat mengidolai tokoh Thor.
Menemukan sosok yang tepat untuk menjadi pemeran Thor juga bukan proses yang mudah. Lebih dari sepuluh aktor dirumorkan bakal memerankan Thor sebelum pihak kreator menjatuhkan pilihan pada Chris Hemsworth yang berhasil menyisihkan kandidat kuat maupun nama-nama tenar yang santer dirumorkan akan mendapatkan peran tersebut, mulai dari Brad Pitt, Channing Tatum, Paul “Triple H” Levesque, Daniel Craig, Alexander Skarsgard, hingga adik kandung Chris sendiri; Liam Hemsworth.

Meski sejauh ini materi promosi yang dipublikasikan baru sebatas foto-foto para tokoh sentralnya saja, besar kemungkinan film ini akan menceritakan asal-muasal Thor dari Asgard, kedatangannya ke bumi, hingga interaksi dan bergabungnya ia dengan tim Avenger bersama para superhero Marvel lainnya, yaitu Captain America, Iron Man, dan Hulk.


Meski pemeran utama Thor dipegang oleh aktor asal Australia, Chris Hemsworth, yang namanya masih belum dikenal luas, keberadaan nama-nama bintang kawakan yang kualitas aktingnya sudah terbukti mumpuni, seperti Natalie Portman serta Sir Anthony Hopkins, agaknya bakal menambah bobot film ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar