02 Juni 2012

Sejarah Bolt

Mau tahu John Travolta menjadi anjing? Tontonlah film besutan sutradara Byron Howard ini.
Tapi jangan keburu nafsu. Bukannya film ini mempertontonkan aktor kawakan ini menjelma menjadi anjing, tetapi dalam film animasi ini Travolta adalah si anjing pintar itu sendiri, karena dia lah yang memerankan suara anjing bernama Bolt.
Ceritanya, Bolt merupakan anjing beruntung yang terpilih menjadi bintang utama sebuah serial televisi berjudul ‘Bolt’ juga. Disini Bolt memiliki majikan bernama Penny (Susie Essman) yang telah memeliharanya sejak kecil. Mereka berdua bahkan menjadi pasangan majikan dan anjing yang sangat disukai di Hollywood.
Tak hanya itu. Bolt juga digambarkan sebagai anjing berkekuatan super hero. Matanya memancarkan kekuatan laser, larinya seperti kilat, dan suara ginggongannya mampu menghancurkan apa saja yang ada di sekitarnya.
Ironisnya, Bolt ternyata mengira bahwa adegan yang dilakoninya dalam film TV itu adalah sebuah kehidupan nyata. Maklum, selama menjalani shooting, dia memang dikondisikan bahwa apa yang dijalani adalah sebuah kehidupan nyata.
Dramatisasi film ini mulai terjadi ketika adegan penculikan Penny dilakukan oleh Dr Calisto yang digambarkan sebagai penjahat bermata hijau. Bolt ternyata mengira bahwa penculikan tersebut benar-benar terjadi dalam kehidupan nyata. Sebagai anjing yang setia, maka Bolt pun berusaha menyelamatkannya. Dia kabur meninggalkan lokasi shooting untuk menyelamatkan sang majikan. Pertama-tama dia berusaha mencari kucing peliharaan Dr Calisto yang merupakan musuh bebuyutannya. Kucing bernama Mitten itu berhasil ditemukan dan kemudian disanderanya. Bolt berpikiran bahwa Mitten bisa mengantarkannya untuk menemukan Penny.
Mereka berdua pun melakukan petualangan. Hal ini membuat pusing sang produser. Tetapi Bolt sangat menikmati petualangannya. Dalam perjalanan, dia bahkan banyak menemukan hal baru, termasuk berkenalan dengan Rhino, seekor harmster yang kebetulan maniak TV dan juga merupakan penggemar serial Bolt. Mereka pun akhirnya bersahabat dan bersama-sama mencari Penny. Hingga akhirnya berhasil kembali ke Hollywood dan menemukan Penny dalam kehidupan nyata.
Apa yang terjadi selanjutnya? Peran Bolt dalam serial ternyata telah digantikan oleh anjing lain. Bolt kelihatan polos. Tetapi Mitten berusaha meyakinkan Bolt bahwa Penny benar-benar menyayanginya.
Dalam sebuah shooting di lokasi, Bolt palsu ternyata membuat ulah yang mengakibatkan terjadinya kebakaran hebat. Penny pun terjebak di tengah kebakaran. Disinilah aksi heroik dan bukti kecintaan Bolt kepada Penny dipertontonkan. Dia dengan sigap menyelamatkan Penny. Tetapi mereka berdua malah terjebak di tengah bara api.
Tetapi Bolt tak bodoh. Dengan gonggongannya, dia akhirnya bisa menemukan jalan keluar. Gonggongannya yang keras mengarahkannya pada sebuah lobang yang akhirnya mengantarkannya keluar dari bahaya. Penny pun akhirnya benar-benar menjadikannya sebagai sahabat dalam kehidupan nyatanya, termasuk dengan Mitten dan Rhino. Sampai disini film berakhir.
Secara keseluruhan film ini cukup bagus. Alur ceritanya hidup dan tidak kekanak-kanakan. Banyak adegan yang dramatis, tetapi sebagian lainnya sangat menghibur dan mengundang tawa. Kalau disuruh memberi bintang, kiranya bintang empat pantas untuk film ini. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar